Pengisian kuesioner untuk kegiatan training eksternal juga diperlukan agar dapat dilakukan evaluasi terhadap kepuasan pelanggan pada kegiatan tersebut. Berikut merupakan grafik kepuasan pelanggan pada SPECTRA Vol. 7.

spectra vol7

Pernyataan pada Kuesioner Kepuasan Pelanggan Training Eksternal

No.

Pernyataan

1 Kesesuaian materi yang disampaikan dengan mata kuliah
2 Kenyamanan pelaksanaan training
3 Pemahaman saat penyampaian materi
4 Ketepatan waktu pelaksanaan
5 Kemudahan dalam mempelajari software Minitab
6 Kelengkapan materi yang disampaikan
7 Keramahan dan Kesopanan SDM Laboratorium
8 Kemampuan pemateri menguasai materi
9 Interaksi antara pemateri dengan peserta
10 Materi yang diberikan bermanfaat

Berdasarkan pada hasil kuesioner tersebut, nilai terendah pada pernyataan kelima yaitu kemudahan dalam mempelajari software Minitab. Hal tersebut dikarenakan, peserta baru pertama kali mempelajari software sehingga kesulitan untuk mempelajarinya. Diharapkan dengan pelaksanaan training eksternal  ini dapat membantu mahasiswa dalam penggunaan software Minitab.